rss

Jumat, 31 Desember 2010

Minum Aspirin Sebelum Tidur Malam dapat Menurunkan TEKANAN DARAH

Sebuah studi di Spanyol menunjukan bahwa meminum aspirin sebelum tidur dapat mengendalikan prahipertensi. Minum aspirin setiap pagi tidak menurunkan tekanan darah orang-orang prahipertensi, tekanan darah tepat dibawah 140/90. Studi sebelumnya yang dilakukan Iniversity of Vigo menunjukkan khasiat yang sama pada orang-orang dengan tekanan darah sedang yang minum aspirin sebelum tidur malam.
Prahipertensi dikenal sebagai tanda peringatan untuk resiko penyakit jantung, stroke, dan masalah-masalah kardiovaskular lainnya di masa depan.
Para ahli belum menemukan mengapa aspirin hanya bekerja baik untuk tekanan darah di malam hari, Riset menunjukan, aspirin dapat memperlambat hormon-hormon dan senyawa-senyawa lain di dalam tubuh yang menyebabkan penggumpalan darah, banyak diantaranya dihasilkan ketika tubuh sedang istirahat.
Studi selama 3 Bulan ini dilakukan terhadap 244 orang dewasa yang didiagnosa dengan prahipertensi. Sepertiga diantaranya disarankan mengikuti aturan umum higiene dan diet yang dirancang untuk menurunkan  tekanan darah. Sepertiga yang lainnya disuruh minum aspirin setiap malam sebelum tidur, dan sepertiga lainnya disuruh minum aspirin dengan dosis sama ketika bangun tidur.
Para periset lalu memonitor tekanan darah dengan interval 20 menit dari jam 07.00 sampai 11.00 dengan interval 30 menit di malam hari sebelum percobaan dimulai dan 3 bulan sesudahnya.
Tekanan darah sistolik (angka atas) turun 5,4 poin dan tekanan diastolik turun 3,4 poin pada orang-orang yang minum aspirin sebelum tidur. Tidak ditemukan penurunan pada orang-orang yang minum aspirin di pagi hari atau yang mengikuti panduan umum.
Beberapa bukti menunjukan, minum berbagai jenis obat, termasuk obat untuk hipertensi di malam hari dikaitkan dengan penurunan tekanan darah yang lebih besar dibanding minum obat di pagi hari.
Para ahli menduga, kemungkinan obat diabsorp secara lebih baik oleh saluran cerna di malam hari. Hasil studi dilaporkan dalam pertemuan tahunan American Society of Hypertension di New Orleans.

0 comments:


Posting Komentar

Followers

Blog Archive

Berita Sepak Bola

 

Berita Kesehatan dari detikcom

Seputar Gaya Hidup Dari okezone.com

Lifestyle News Dari VivaNews